Halaman

Selasa, 02 November 2010

PENYEBAB DAYA INGAT BERKURANG

Share

Apakah kita sering lupa dan sulit untuk mengingat sesuatu? Itu bisa jadi merupakan pertanda bahwa ada masalah yang membuat sistem perekam otak kita terganggu.



Jika kita sering kelupaan sebaiknya jangan di anggap sepele. Cari tahu apa penyebab kita mudah lupa. Penyebab daya ingat berkurang al:

Kadar Gula Darah Terlalu Tinggi
Penyimpanan memori di otak bisa terganggu akibat tingginya gula darah. Jadi, kondisi seperti ini bisa menggangu bagian otak kita yang berhubungan dengan memori. Untuk itu sebaiknya kendalikan asupan gula kita. Dan coba lakukan juga tes gula darah kita secara rutin dan menjaga pola makan sehat serta tetap aktif.

Kurang Istirahat
Otak juga harus istirahat. Untuk itu tidur adalah merupakan solusi tepat untuk mengistirahatkan otak supaya bisa menyimpan memori baru. Berdasarkan sebuah penelitian, berdasarkan responden yang tidur hanya enam jam setiap malam dalam kurung dua minggu, memang tidak merasa kurang tidur. Namun setelah dilakukan tes memori secara substansial, ternyata mereka sulit mengingat memori jangka pendek. Jadi pertajam daya ingat dengan membuat prioritas istirahat yang cukup. Jika kita tidak bisa, cobalah kita lakukan tidur pendek sekitar 10 menit saat tubuh terasa capek. Cara sederhana ini bisa meningkatkan kinerja proses memori penting dalam otak.

Mendengkur
Mendengkur bukan hanya mengganggu orang lain dan kualitas tidur, tapi juga bisa menurunkan daya ingat kita. Mendengkur saat tidur, itu terjadi karena saluran pernapasan kita terblokir, sehingga memotong oksigen yang masuk beberapa detik pada suatu waktu sehingga menyebabkan sel-sel otak kelaparan.
Jika kita atau pasangan punya kebiasaan mendengkur, sebaiknya coba berkonsultasi pada dokter. Atau juga bisa melakukan tips seperti yang pernah di bahas di sini…………………………………….

Metabolisme Menurun
Jika terjadi hal yang seperti ini, kemungkinan kita memiliki masalah tiroid. Hormon tiroid berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh. Jadi jika produksinya terlalu banyak atau juga terlalu sedikit, maka akan dapat mengganggu sel-sel otak kita, sehingga dapat memperlambat masuknya informasi ke otak.

Usia Sudah Lanjut
Di usia 50 ke atas, manusia akan lebih sulit untuk menyerap vitamin B12 dari makanan yang kita konsumsi. Jadi jika kita kekurangan B12 yang serius maka bisa menyebabkan penyakit Alzheimer atau pikun. Untuk itu, seiring bertambahnya usia kita, seringlah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan asupan B12, misalnya dengan suplemen. Selain orang yang berusia lanjut, penganut vegetarian juga seringkali kekurangan vitamin B12.

Mengalami Depresi
Penderita depresi berat juga sering mengalami gangguan pada sel-sel otak-nya. Bahkan, jika depresi berlangsung, ada kemungkinan kondisi seperti ini bisa membunuh sel-sel otak, sehingga menyebabkan daya ingat menurun drastic dan akhirnya gila.

Mengonsumsi Obat Alergi dan Pil Tidur
Obat-obatan untuk insomnia, alergi, dan gangguan perencanaan, ternyata juga bisa menyebabkan fungsi otak akan terganggu. Jadi dalam mengkonsumsi obat-obatan, usahakan harus melalui resep dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...