Halaman

Kamis, 30 September 2010

HANDSET ITU BANYAK KUMANNYA

Share

Item ini sangat esensial. Namun, Anda mungkin bakal berpikir ulang sebelum menggunakan telepon seluler. Lewat penelitian yang dilakukan ahli kesehatan Jim Francis, ditemukan bahwa rata-rata handset membawa 18 kali lebih banyak kuman yang potensial berbahaya jika dibandingkan dengan tombol flush di toilet laki-laki.


Tak hanya itu, analis pada handset mencatat, hampir seperempat ponsel yang diteliti sangat kotor sehingga memiliki 10 kali di atas level bakteri yang normalnya menempel pada sesuatu. Bahkan, satu ponsel yang dites memiliki level bakteri sangat tinggi sehingga pemiliknya bisa sakit perut.

"Bakteri yang berpotensi berbahaya dari satu ponsel di atas rata-rata. Jadi, ponsel-ponsel itu perlu disterilkan," ujar Francis dalam majalah Which? yang menjadi sponsor penelitian tersebut.

Satu ponsel yang kebersihannya buruk memiliki 39 kali di atas level aman enterobacteria, kelompok bakteri yang hidup di bagian bawah pencernaan manusia atau hewan. Termasuk, kutu dan bakteri salmonella.

"Memang, sebagian besar ponsel tidak punya bakteri berbahaya yang langsung membuat sakit. Tapi, tetap saja, ponsel-ponsel itu sangat kotor," ulas Ceri Stanaway, peneliti lain, merujuk penelitian yang menggunakan 30 ponsel tersebut.

Stanaway menjelaskan, sebagaimana dikutip dari Daily Mail , bakteri atau kutu tersebut bisa saja ditransfer dari tangan pengguna ponsel dan menempel di handset. Bila ponsel tidak dibersihkan, sudah pasti bakteri-bakteri itu menempel lagi di tangan meski tangan sudah dibersihkan.

"Penelitian ini menunjukkan mudahnya kontak antara bakteri dan manusia. Orang selalu merasa, tombol flush toilet lebih kotor daripada ponsel. Tetapi, ternyata tidak," lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...