Halaman

Minggu, 19 September 2010

Lewat Malware, Kelompok Online Galang Jihad Cyber

Share


Jakarta - Peneliti keamanan menemukan adanya program jahat (malware) yang menyebar lewat email sekitar 11-13 September 2010. Diduga, pelakunya adalah sebuah kelompok yang mengaku sedang menggalang 'jihad cyber'.

Kelompok itu, menurut peneliti dari Secureworks, bernama Brigades of Tariq ibn Ziyad. Kelompok 'Tariq' ini dikatakan pernah muncul dengan menyebut diri mereka 'organisasi jihad cyber'.

Seperti dikutip detikINET dari DarkReading, Selasa (14/9/2010), Secureworks menemukan adanya nama samaran 'Iraq_resistance' dalam kode program jahat tersebut. Program itu menyebar lewat email dan sempat menyebabkan kepadatan pada server-server email tertentu.

"Di 2008, kami pernah mendapat kabar dari orang ini yang berusaha merekrut orang-orang ke dalam kelompok bernama Brigades of Tariq ibn Ziyad dan melakukan sesuatu yang mereka sebut sebagai 'jihad cyber'. Target mereka adalah tentara AS dan institusi sejenis," ujar Joe Stewart, direktur penelitian malware dari Secureworks.

Meski demikian, Stewart mengatakan ia tidak 100 persen yakin kelompok itu ada di balik serangan yang terjadi. Stewart mengatakan, indikasi ke sana memang cukup kuat. Selain nama samaran tadi, program itu juga mencoba terhubung ke server dengan nama yang terkait kelompok 'Tariq' tadi.

Di kesempatan yang berbeda, peneliti dari PandaLabs menemukan sebuah video dari 'Iraq Resistance'. Video itu menyebutkan bahwa worm memang dibuat oleh kelompok 'Tariq', ditujukan untuk menyerang AS dan sengaja disebarkan pada peringatan 11 September.

Beberapa pihak yang disebut-sebut terkena dampak serangan ini --meski tak sampai parah-- termasuk Google, Coca-Cola, Disney, NASA dan AIG. Serangan yang dilakukan worm ini berupa email dengan attachment yang jika dijalankan akan menginfeksi komputer dan mengirimkan dirinya ke buku alamat korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...